Gigi Ngilu Penyebab dan Mengatasinya

Gigi Ngilu Penyebab dan Mengatasinya

Gigi Ngilu Penyebab dan Mengatasinya - Gigi ngilu pasti dialami oleh setiap orang. Gigi ngilu bisa terjadi akibat gigi yang berlubang, atau gigi keropos akibat lapisan pelindung gigi yang hilang. Gigi ngilu akibat gigi berlubang bisa dilakukan dengan cara menambalnya dengan bantuan dokter gigi. Jika Anda mengalami ngilu gigi dan ingin gigi ngilu sembuh total, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui.

A. Apa saja penyebab gigi ngilu

1. Gigi ngilu akibat kurang hati-hati menyikat gigi.
Biasanya kesalahan yang dapat menyebabkan gigi ngilu adalah menyikat terlalu kencang atau kuat dan terlalu ditekan. Faktor dalam memilih sikat gigi pun juga bisa menjadi penyebabnya. Menggunakan bulu sikat kasar dan keras bisa membuat gusi menjadi terluka sehingga dapat menyebabkan gigi ngilu. Hal ini lambat laun akan menyebabkan abrasi lapisan gigi. Akibatnya, gigi ngilu dan sensitif. Solusi paling sederhana adalah beralih ke sikat gigi dengan menggunakan bulu yang lebih lembut dan menyikat gigi dengan lebih pelan.

2. Gigi ngilu akibat makanan yang dikonsumsi.
Mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang terlalu asam, panas, atau dingin bisa menyebabkan gigi ngilu. Terkadang, Anda bisa menyadari kondisi suhu minuman atau makanan yang Anda konsumsi.  Bahaya minum es atau minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa mengakibatkan pengikisan pada lapisan gigi. Selain itu, makan makanan panas lalu langsung minum air dingin atau kebalikannya merupakan satu kebiasaan buruk yang bisa mengakibatkan abrasi gigi. Jika jalur saraf Anda terpapar makanan asam misalnya saus tomat, lemon, dan acar, dapat menyebabkan gigi ngilu. Dengan menghindari makanan atau minuman seperti ini bisa membantu Anda dalam menghindari sakit  gigi ngilu.

3. Gigi ngilu akibat menggunakan pasta gigi dengan pemutih.
Anda mungkin menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan kimia buat memutihkan gigi. Bahan kimia ini kadang terlalu keras akibatnya bisa mengganggu bagian atas gigi dan akibatmya membuat gigi ngilu. Jika pasta gigi yang Anda gunakan mengandung zat pemutih, pertimbangkan untuk beralih ke pasta gigi yang biasa atau yang khusus buat gigi ngilu.

4. Gigi ngilu akibat suka kumur-kumur dengan menggunakan obat pemutih gigi.
Beberapa obat kumur mengandung alkohol dan bahan kimia lainnya, bisa membuat gigi Anda lebih peka, terutama jika dentin Anda terbuka. Dentin terhubung ke sentra saraf pada gigi. Jadi bila tidak terlindungi menyebabkan gigi ngilu. Sebagai gantinya, coba membersihkan gigi dengan memakai benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

5. Gigi ngilu akibat penyakit gusi.
Seiring bertambahnya usia (terutama bila Anda tidak selalu menjaga kesehatan gigi), Anda akan dapat mengalami berbagai penyakit gusi. Penyakit gusi dapat mengakibatkan gigi ngilu. Biasakan rutin periksa ke dokter gigi untuk mendeteksi secara dini agar terhindar dari gigi ngilu.

6. Gigi ngilu akibat dari penumpukan plak yang banyak.
Tujuan memakai benang gigi dan sikat gigi adalah membuang plak yang terbentuk sesudah Anda makan. Penumpukan plak yang banyak dapat menyebabkan lapisan enamel gigi menjadi hilang. Gigi bisa menjadi lebih sensitif disebabkan karena kehilangan perlindungan yang diberikan oleh enamel tersebut. Solusinya adalah dengan menjalani perawatan gigi secara harian yang baik dan mengunjungi dokter gigi secara berkala guna membersihkan gigi apabila perlu, agar gigi ngilu dapat diminimalisir.

7. Gigi ngilu akibat dari gigi berlubang dan adanya pembusukan. 
Gigi yang berlubang bisa mengakibatkan gigi ngilu yang luar biasa, lebih dari sekadar gigi sensitif. Solusi yang cocok agar menghindari gigi ngilu adalah dengan dilakukan penambalan gigi. Seiring bertambahnya usia, tambalan mampu melemah, patah, atau bocor pada kurang lebih tepinya. Hal tersebut bisa memudahkan bakteri untuk menumpuk pada celah kecil ini. Akhirnya terbentuklah penumpukan asam dan enamel sehingga membuat gigi menjadi rusak.

B. Cara ampuh mengatasi gigi ngilu

Berikut ini  adalah merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atau mencegah datangnya gigi ngilu. Namun, jika rasa ngilu atau tidak nyaman gigi tidak kunjung hilang, segera periksa ke dokter gigi.

1. Beralihlah ke pasta gigi yang khusus buat gigi ngilu dan sensitif.
2. Gunakanlah bulu sikat gigi yang lembut agar gigi ngilu tidak terjadi akibat tergerusnya lapisan pelindung gigi.
3. Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidak-tidaknyanya 2 kali sehari, lakukan selama dua hingga tiga menit.
4. Jangan lupa buat membersihkan gigi Anda dengan benang gigi.
5. Pegang sikat gigi Anda dengan sudut 45 derajat, dan lakukan menyikat gigi dengan benar.
6. Hindarilah makan dan minum yang mengandung asam, dingin atau panas yang berlebihan.
7. Gosok Gigi dengan memakai Kunyit, ternyata bisa menyembuhkan gigi ngilu.


Sumber:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/gigi-mulut/penyebab-gigi-ngilu-dan-mengatasinya/

0 Response to "Gigi Ngilu Penyebab dan Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel