Batuk Berkepanjangan Pada Anak Balita

Batuk Berkepanjangan Pada Anak Balita

Batuk Berkepanjangan Pada Anak Balita


Lidya baru berumur 5 tahun, sudah beberapa hari ini terserang batuk. Apabila malam hari, Lidya akan mengalami batuk berkepanjangan. Sudah tentu, orang tua mana yang tidak merasa bingung dan cemas pada saat anaknya mengalami batuk-batuk seperti contoh kasus Lidya ini. Penting untuk Anda ketahui, bilamana batuk lebih dari 3 minggu sudah bisa dikategorikan sebagai batuk kronis. Sudah barang tentu sebagai orang tua, Anda harus mengambil tindakan pengobatan yang tepat dan aman untuk mengobati batuk anak.

Seperti yang telah disampaikan diawal, bahwa bila batuk yang dialami si anak sudah berlangsung lebih dari 3 minggu, sudah bisa dikategorikan sebagai batuk kronis. Misalnya, si anak mengalami batuk kering berkepanjangan harus segera ambil tindakan. Langkah terbaik sudah tentu untuk segera mendatangi dokter di puskesmas atau di rumah sakit terdekat dengan tempat tinggal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan resep obat batuk yang ampuh dan cara perawatan anak dalam mengobati batuk. Jangan sekali-kali Anda menganggap remeh dan membiarkan penyakit batuk pada anak. Sebab, jika terus diabaikan bisa mengundang timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Ada 4 jenis penyakit yang bisa timbul akibat dari batuk berkepanjangan pada anak :


Penyakit Bronchitis

Bila batuk yang di alami si anak sudah berlangsung cukup lama, bisa jadi sebagai salah satu tanda-tanda awal akan mengalami penyakit bronkitis akut. Bronkitis akut umumnya akan dapat menimbulkan batuk produktif basah, dan kadang-kadang dapat mengeluarkan dahak berwarna dan akan disertai lendir. Suatu yang pasti Jikalau seorang anak sudah menderita penyakit bronkitis, maka kesehatan tubuhnya akan terus menurun dan perlu mendapat tindakan pengobatan yang lama.

Penyakit Asma

Jika si anak menderita batuk yang tak kunjung sembuh. Alangkah baiknya, Anda sebagai orang tua harus waspada. Sebab, kondisi yang sering di abaikan ini rupanya bisa jadi sebagai gejala serangan penyakit asma. Bilamana batuk tidak segera untuk diobati dapat mengakibatkan anak akan mengalami kesulitan bernafas.

Penyakit Pneumonia

Penyakit Pneumonia adalah salah satu jenis penyakit kronis yang dapat menganggu jaringan sistem pernafasan. Bila sudah terjangkit, anak yang menderita penyakit ini dapat mengalami batuk yang berkepanjangan. Gejala lain yang biasanya akan muncul pada si penderita penyakit pneumonia adalah akan mengalami demam, kelelahan secara fisik, susah bernafas dan badan menggigil. Situasi seperti ini perlu di waspadai, karena banyak kasus kematian yang telah terjadi akibat penyakit pneumonia.

Penyakit Kanker Paru-paru

Diantara penyakit yang telah diuraikan diatas, maka penyakit kanker paru-paru adalah yang paling berbahaya dan bisa menimbulkan kematian. Sebab, anak yang mengalami batuk berkepanjangan mungkin bisa saja akibat timbulnya infeksi atau adanya aktivitas tumbuh kembang kanker di paru-paru. Dan dalam berbagai kasus, si penderita kanker paru-paru akan memiliki waktu untuk bertahan hidup lebih kurang 5 tahun setelah divonis menderita kanker.

Maka dari itu, tindakan pengobatan batuk pada anak sangat dibutuhkan. Jangan sampai Anda terlambat dan akhirnya menyesal kemudian, dan jangan sampai kehilangan anak di usia balita karena telah menyepelekan penyakit batuk. Walaupun, pada umumnya batuk dapat sembuh dengan sendirinya dan tanpa obat, namun bila terus dibiarkan situasi seperti ini, bisa jadi akan berakhir kematian.


Batuk Berkepanjangan Pada Anak Balita

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Batuk Berkepanjangan Pada Anak Balita"

 
Copyright © 2018 - Artikel Kesehatan Ibu dan Anak - Shwab.Info - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top