Mengenal Alat Reproduksi Bagian Dalam dan Luar Wanita

Mengenal Alat Reproduksi Bagian Dalam dan Luar Wanita

Mengenal Alat Reproduksi Bagian Dalam dan Luar WanitaSebagai seorang ibu yang akan mengalami kehamilan dan kelahiran, sebaiknya anda mengetahui seluk beluk berbagai alat kandungan yang berkaitan dengan lahirnya anak. Organ tubuh inilah yang paling banyak mengalami perubahan pada saat hamil.

Dilihat dari letaknya alat kandungan dapat dibagi dalam 2 bagian, yakni alat kandungan bagian luar dan bagian dalam.

Alat Kandungan Bagian Luar Reproduksi Wanita

Disebut bagian luar karena alat-alat kandungan yang termasuk kelompok ini mudah dilihat, dan berhubungan langsung dengan dunia luar. Alat kandungan bagian luar terdiri dari:

A.      Mons Venaris

Mons Venaris adalah daerah di atas pertautan tulang kemaluan yang menonjol karena terisi oleh jaringan lemak. Daerah yang mirip bukit ini tertutup oleh rambut.

B.      Labia Mayora

Labia Mayora, disebut juga bibir besar, berada pada bagian kanan dan kiri mulut vagina. Bentuknya lonjong mengecil ke bawah dan tampak gemuk karena juga terisi oleh jaringan lemak.

C.      Labia Minora

Labia minora atau bibir kecil merupakan suatu lapisan tipis yang berasal dari kulit bibir besar bagian dalam. Pada wanita yang belum pernah melahirkan, pertemuan bibir kecil di bagian bawah kelamin tampak utuh,   cekung seperti perahu. Namun kalau wanita itu pernah melahirkan, bentuknya pun berubah, menjadi tebal dan tidak rata. Kulit yang menutupi bibir kecil mengandung banyak kelenjar  lemak dan ujung syaraf. Itu sebabnya bibir kecil amat sensitif. Bibir ini juga dapat mengembang karena mengandung pembuluh darah serta otot polos.

D.      Klitoris

Klitoris, yang besarnya hanya sebiji kacang kedelai, juga merupakan bagian organ alat kelamin yang sangat sensitif. Hal ini disebabkan karena didalamnya banyak terdapat urat syaraf dan jaringan yang dapat mengembang.

E.       Vulva (Alat kelamin bagian luar)

Vulva disebut juga mulut vagina. Vulva berbentuk lonjong, kanan dan kirinya dibatasi oleh bibir kecil, dibagian muka oleh klitoris, serta di belakang oleh perineum (daerah sempit antara dubur dan vulva).

F.       Saluran Vagina

Bentuk dan ukuran saluran vagina berbeda-beda pada setiap wanita. Pada wanita yang masih perawan lubang vagina tertutup oleh bibir kecil. Jadi akan baru tampak bila bibir dibuka.

G.     Himen (Selaput Dara)

Selaput dara menutupi saluran vagina, dan khusus hanya terdapat pada wanita yang masih perawan. Seperti halnya saluran vagina, himen pun berbeda-beda pada setiap wanita. Ada yang bentuknya seperti bulan sabit, berlubang-lubang dan sebagainya. Kelenturan juga berbeda, dari yang kaku sampai yang lunak sekali.

Ditengah selaput dara, terdapat lubang yang ukurannya seujung jari sampai dua jari. Selaput dara akan robek pada saat si wanita melakukan hubungan intim.

H.      Perineum

Perineum terletak di antara dubur dan vulva, panjangnya sekitar 4 cm. Pada saat persalinan, daerah ini biasanya akan digunting (episiotomi) agar bayi mudah keluar.

Alat Kandungan Bagian Dalam Reproduksi Wanita

Alat kandungan bagian dalam memegang peran secara langsung terhadap terjadinya kehamilan. Disinilah calon bayi anda mulai terwujud dan dibesarkan sampai saatnya dilahirkan. Mungkin itu sebabnya bagian ini terletak jauh di dalam, supaya calon bayi terlindung dari bahaya yang datang dari dunia luar.

A.      Vagina

Vagina disebut juga liang kemaluan, berfungsi menghubungkan liang sanggama dan rahim. Dinding depan dan belakang vagina berdekatan satu sama lain, dengan panjang masing-masing 6,5 cm dan 9 cm. Namun begitu, pada saat persalinan vagina dapat melebar sesuai dengan fungsinya. Pelebaran ini dimungkinkan karena bentuk vagina sebelah dalam merupakan otot yang berlipat-lipat.

B.      Uterus

Uterus atau rahim, bentuknya mirip buah alpokat yang gepeng dan berongga. Dindingnya terdiri atas otot-otot polos. Ukurannya hanya sebesar telur ayam, dengan panjang sekitar 7 cm, lebar sekitar 5 cm dan tebal sekitar 2,5 cm. Sedang ketebalan dindingnya 1,25 cm. Uterus atau rahim terdiri atas 3 bagian, yakni fundus uteri (dasar rahim), korpus uteri (badan rahim), dan serviks uteri (leher rahim).

Di ujung-ujung fundus uteri, kiri dan kanan terdapat muara, tuba falopi (saluran telur). Korpus uteri merupakan bagian rahim yang terbesar. Disinilah janin tumbuh dan berkembang. Rongga yang terdapat di dalam korpus uteri disebut kovum uteri (rongga rahim).

Di dalam serviks terdapat saluran yang panjangnya 2,5 cm, dan dilapisi oleh kelenjar-kelenjar. Di kedua ujung serviks terdapat pintu. Yang satu di bagian uteri dan satunya di bagian vagina.

C.      Tuba Falopi

Tuba falopi atau saluran telur, adalah saluran yang terdapat pada ujung atas rahim, bagian kiri dan kanan. Di saluran ini ada bagian yang sangat sempit, lalu melebar di dekat bagian ujung. Disini konsepsi (pembuahan) terjadi.

Saluran ini terbuka kearah rongga perut dan mempunyai rumbai-rumbai mirip jari tangan, yang tugasnya menangkap sel telur matang dilepaskan oleh indung telur.

D.      Ovarium

Ovarium atau idung telur, juga ada dua, kanan dan kiri, menggantung pada jaringan ikat rongga perut. Ukuran indung telur sebesar ibu jari tangan, dengan panjang kira-kira 4 cm, lebar dan tebalnya sekitar 1,5 cm.

Karena fungsi yang sangat penting dari alat-alat reproduksi ini, maka sudah seharusnya para wanita lebih memperhatikan kesehatan alat-alat reproduksinya tersebut. Antara lain dengan menjaga kebersihan dan melakukan pemeriksaan secara berkala pada bidan atau dokter kandungan, agar kesehatan ibu hamil dapat terjaga.

Mengenal Alat Reproduksi Bagian Dalam dan Luar Wanita



0 Response to "Mengenal Alat Reproduksi Bagian Dalam dan Luar Wanita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel