Rambut Indah Kemilau Selama Hamil

Rambut Indah Kemilau Selama Hamil

Rambut Indah Kemilau Selama Hamil

Begitu hamil, rambut anda bisa menjadi lebih lebat. Namun, jika perawatannya terabaikan, bukan tidak mungkin rambut menjadi berminyak atau justru kering. Lalu bagaimana agar rambut tetap indah kemilau dan gaya?

Kehamilan mengakibatkan perubahan-perubahan tubuh, termasuk perubahan pada kondisi rambut anda. Semasa hamil, rambut anda bisa menjadi lebih sehat dan menarik, atau sebaliknya bahkan menjadi sangat berminyak. Perubahan apapun yang terjadi perawatan rambut tetap perlu dilakukan seperti sediakala. Kehamilan tidak harus menghalangi anda tampil dengan rambut yang menarik dan gaya.

Bisa Menjadi Lebat


Semasa hamil, rambut anda bisa menjadi lebih sehat dan menarik. Hal ini karena rambut mengalami peningkatan fase anogen dan penurunan fase telogen, terutama pada 4 bulan terakhir. Fase anogen adalah masa dimana sel-sel  folikel rambut tumbuh dan membentuk rambut yang utuh. Sedangkan fase telogen adalah masa dimana rambut akan mudah terlepas tanpa disertai rasa sakit. Hal ini terjadi karena dimasa kehamilan kadar estrogen meningkat sangat tinggi.

Namun demikian ada sebagian kecil wanita hamil mengeluh rambutnya menipis, terutama pada daerah ubun-ubun. Hal ini terjadi karena beberapa folikel rambut yang berada dalam fase telogen gagal kembali ke fase anogen.

Walaupun rambut tampak lebat, rambut ibu hamil cenderung menjadi lebih berminyak. Hal ini karena ibu hamil mengalami pertambahan berat badan, sehingga otomatis jumlah lemak dalam tubuh pun meningkat. Akibatnya, sedikit gerakan atau panas sudah dapat menyebabkan keluarnya banyak keringat. Selain itu, karena kondisi yang kurang nyaman selama kehamilan, banyak ibu yang mengabaikan perawatan rambut yang biasanya mereka melakukan perawatan secara teratur.  Karena itu, rambut ibu hamil yang sebelumnya kering, bisa menjadi sangat kering, kusam dan bercabang. Atau, jika rambut si ibu sebelumnya sudah berminyak, bisa menjadi lebih berminyak lagi.

Memang kondisi rambut masing-masing ibu hamil tidak sama. Ada yang pada masa hamil rambutnya tampak sehat berseri. Tapi sebaliknya, ada juga yang tadinya memiliki rambut lebat dan berseri, pada saat hamil rambutnya menjadi tipis dan kusam. Namun, kalaupun hal itu terjadi, biasanya sifatnya hanya sementara waktu saja. Tapi, bagaimanapun keadaannya, perawatn rambut tetap harus dilakukan selama hamil, agar rambut anda tetap sehat, indah dan menarik. Bukankah rambut sehat dan indah membantu anda tampil lebih bergairah dan cantik?

Sesuaikan dengan Rambut


Untuk perawatan yang benar, anda perlu mengerti jenis rambut anda terlebih dahulu, sehingga anda bisa memberikan perlakuan yang tepat akan memberikan hasil yang baik.

1.       Rambut Kering


Ciri rambut kering adalah halus, kurang bercahaya, kusam dan ujung rambut patah-patah atau bercabang. Perawatannya adalah dengan mencuci rambut setiap 3 hari sekali dengan shampoo khusus untuk rambut keriting. Diakhir keramas , tambahkan conditioner agar rambut lebih lembut dan mudah diatur. Sebelum mencuci  rambut, anda boleh mengoleskan minyak zaitun diseluruh kulit kepala. Lalu, pijatlah kulit kepala dengan lembut dan bungkus dengan handuk yang telah dicelup air hangat. Biarkan selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air hangat hingga bersih. Lakukan pula creambath setiap tiga minggu.

Selain perawatan tersebut di atas, untuk mencegah agar rambut dengan tidak kering, jangan menyisir terlalu keras. Gunakan sikat rambut yang terbuat dari bulu. Sedapat mungkin jangan mengeriting rambut, menggunakan rol rambut yang dipanaskan, atau mengeringkan rambut dengan (hair dryer). Biarkan rambut mengering secara alami. Jika berjemur atau di bawah sinar matahari langsung, gunakan topi atau payung. Dan jika ujung rambut patah-patah atasi dengan memotong ujung-ujungnya.

2.       Rambut Berminyak


Ciri khas rambut berminyak adalah rambut tampak lemas, kusam dan berketombe. Untuk rambut jenis ini, cucilah rambut sesering mungkin. Gunakan sampo untuk rambut berminyak atau yang mengandung jeruk. Hindari penggunaan conditioner, karena rambut anda akan tampak lebih lemas dan tipis. Pada saat keramas, pijatkan sampo dengan lembut ke kulit kepala. Setelah rambut kering, sikatlah rambut sesering mungkin untuk membagi rata minyak dan membuat rambut bersinar.

Rambut berminyak tak jarang disebabkan pula oleh pola makan yang buruk, yaitu yang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Karenanya, kurangilah makanan yang mengandung lemak jenuh, gula, serta makanan yang banyak diproses, sehingga keadaan ini dapat dikurangi.

Agar Tampil Gaya


Walaupun hamil, jangan mengabaikan perawatan rambut anda. Apalagi kalau rambut anda mengalami perubahan. Bukan hanya perawatan yang perlu anda lakukan, tapi juga penataan rambut, agar lebih gaya dan sesuai dengan kondisi rambut dan bentuk tubuh anda.

Umumnya, wanita hamil rambutnya menjadi lebih lebat. Dengan keadaan ini potongan atau penampilan bisa dilakukan lebih bervariasi.  Artinya, anda bisa memilih model rambut yang diinginkan, pendek, sedang atau panjang.

Namun, karena umumnya wanita hamil sering merasa kepanasan, ada baiknya memotong rambut lebih pendek, dengan pertimbangan agar lebih mudah mengatur dan merawatnya. Apalagi menjelang persalinan. Anda akan lebih banyak berkeringat karena menanggung beban kehamilan yang semakin berat, mudah lelah dan kerap merasa tak bergairah. Dengan potongan rambut pendek wajah anda akan terlihat lebih segar dan berseri.

Namun demikian, tak ada salahnya juga bila anda memilih model rambut panjang. Dengan potongan rambut panjang, anda akan memiliki lebih banyak pilihan untuk tampil gaya pada setiap kesempatan yang berbeda. Dengan rambut sepanjang bahu, anda dapat menggerai, mengepang atau menyanggulnya dengan gaya modern. Tentunya rambut panjang membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk perawatan dan penataannya.

Hal lain yang perlu anda perhitungkan dalam memilih potongan rambut ini adalah bentuk tubuh. Jika tubuh anda tinggi besar, rambut agak panjang akan membantu penampilan anda menjadi lebih menarik. Model rambut pendek untuk jenis tubuh ini akan merusak keseimbangan bagian kepala. Sedangkan si mungil, akan lebih cocok dengan rambut pendek, karena rambut panjang akan memberi kesan tubuh semakin pendek.


Rambut Indah Kemilau Selama Hamil
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Rambut Indah Kemilau Selama Hamil"

 
Copyright © 2018 - Artikel Kesehatan Ibu dan Anak - Shwab.Info - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top